Lampu Taman Bergaya Fantasi

Tips Sederhana Mengecat Rumah

Tips_Sederhana_Mengecat_Rumah

GriyaGriya - Mengecat dinding rumah/interior sebenarnya pekerjaan yang tidak begitu rumit, Anda dapat melakukannya sendiri tanpa meminta bantuan tukang atau jasa renovasi rumah. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil pengecatan yang memuaskan dan maksimal ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Inilah beberapa tips mengecat rumah yang dapat membantu Anda ketika akan memperbaharui tampilan rumah Anda menjadi tampak lebih fresh.

1. Pilih Warna Cat
Hal yang pertama sebaiknya Anda lakukan adalah menentukan warna cat yang nantinya mengganti cat rumah Anda yang lama. Anda bisa berkonsultasi ke interior designer, googling warna cat yang sedang trendy saat ini, atau Anda bisa berkreasi sendiri.

2. Bersihkan Dinding
Sebelum memulai mengecat ada baiknya Anda membersihkan seluruh permukaan dinding yang akan dicat dengan menggunakan spons yang telah dibasahi dengan air dan deterjen. Jangan lupa bilas kembali permukaan yang telah dibersihkan dengan air untuk menghilangkan deterjen yang menempel di dinding.

3. Tutup Retakan di Dinding
Jika pada dinding rumah Anda terdapat retakan halus "retak rambut", sebaiknya ditutup terlebih menggunakan plamir tembok. 

4. Lindungi Bagian-Bagian yang Tidak Ingin dicat dengan Lakban/Selotip
Dengan menggunakan lakban akan membantu Anda melindungi bagian-bagian yang tidak ingin dicat, seperti pembatas antara dinding dan lantai, pegangan pintu, stop kontak, dan bingkai jendela. Setelah selesai mengecat nanti jangan lupa untuk melepas lakban.

5. Gunakanlah Teknik Zig Zag 
Teknik ini adalah teknik yang umum dalam mengecat rumah, Anda menjalankan rol cat dari bagian atas ke bawah berulang kali sampai permukaan dinding tertutup rata. Setelah 1-2 jam rol kembali agar hasilnya lebih bagus dan mulus.

6. Bersihkan dan Rapikan
Rapikan alat-alat yang telah digunakan saat mengecat ke gudang dan bila ada cipratan cat yang jatuh ke lantai bisa dibersihkan dengan lap basah.

Demikian beberapa tips mengecat dinding rumah dari Saya, semoga bisa membantu Anda.